Pengertian dan Aturan Permainan Bola Bekel

Pengertian dan Aturan Permainan Bola Bekel – Game bola bekel merupakan game konvensional yang berawal dari Jawa Timur. Di Jawa Barat game bola bekel diketahui dengan julukan beklen yang berarti bekal. Beklen ataupun bekel berawal dari bahasa Belanda ialah bikkelen.( online: wikipedia. com).

Game bola bekel umumnya dimainkan oleh anak wanita. Tetapi tidak sedikit pula anak pria yang memainkan game bola bekel. Game bola bekel umumnya dimainkan oleh 2 orang ataupun lebih. Game bola bekel umumnya dimainkan dengan cara perorangan. Game bola bekel merupakan jenis game pertandingan. Game bola bekel dicoba dengan cara bergilir dampingi pemeran.

Buat memastikan antrean pemeran umumnya dicoba lewat hompilah, bila cuma 2 orang anak yang membawakannya hingga dicoba suit. Anak yang belum menemukan kesempatan bermain wajib menunggu temannya yang lagi bermain.

Game bola bekel merupakan game dengan memakai bola karet dan sebagian bulir bekel. Di Jawa Barat bulir bekel lebih terkenal dengan gelar kuwuk. Jumlah bulir bekel umumnya 10- 12 bulir.

Baca juga : Cara bermain Bola Bekel

Metode memainkan bola bekel amat gampang. Game bola bekel diawali dengan melontarkan bola karet setelah itu diiringi dengan menghamburkan bulir bekel.

Sewaktu bola meninggi ke atas, anak mengutip bulir bekel yang terserak. Seseorang pemeran hendak meraup jumlah bulir cocok dengan tingkatannya( yang diucap dengan mi). Game bola bekel dicoba dengan cara bersusun.

Diawali dengan pengumpulan bulir bekel satu demi satu yang diucap mihiji, bila bisa menuntaskan mihiji setelah itu midua( mengutip bulir bekel dua- dua serta berikutnya hingga pengumpulan seluruh bulir bekel sekalian).

Diperlukan metode serta strategi yang ampuh dalam memainkan game ini. Bila bulir bekel tidak terambil, bola tidak terjebak, ataupun gudir( memegang bulir bekel yang belum waktunya didapat), hingga diklaim lasut serta game dilanjutkan oleh pemeran selanjutnya.

Di wilayah Jawa Barat ada 3 jenjang posisi dalam game bola bekel. Langkah awal posisi bulir bekel leluasa, langkah kedua bulir bekel wajib diganti jadi terlentang segenap ke atas serta langkah ketiga seluruh bulir bekel wajib terlungkup.

Baca juga : Tips dan Trik Bermain Among Us Untuk Pemula

Peraturan yang legal pada langkah kedua serta ketiga serupa semacam ketentuan langkah tadinya mulai dari pengumpulan satu bulir hingga dengan semua bulir. Jenjang yang sangat akhir dikenal nasgopel. Pada langkah ini anak diwajibkan buat menghadapkan semua posisi bulir bekel ke atas.

Setelah itu menghadapkan semua bulir bekel ke dasar. Sehabis itu, anak wajib meraup semua bulir bekel dengan satu kepalan. Peraupan dapat dicoba oleh 2 tangan. Bila anak tidak bisa meraup semua bulir bekel, hingga anak diklaim takluk. Seandainya anak takluk, anak wajib mengulang pada tahapa dini nagospel.

Bila anak sanggup melampaui jenjang nagospel, hingga anak diklaim berhasil serta bisa istirahat sembari menunggu sahabatnya menuntaskan game. Umumnya di langkah akhir, ada langkah peneguhan( penebakan).

Triknya, anak merahasiakan bulir bekel pada tangan kiri serta tangan kanannya. Sahabat yang tidak main wajib menduga jumlah bulir bekel pada kedua tangan.

Bila terdapat seseorang anak yang sanggup menduga, hingga anak yang sudah masuk pada langkah penebakan wajib mengulangi jenjang penebakan sekali lagi. Seandainya tidak tertebak hingga anak yang bermain melanjutkan permainnya dengan kelipatan bulir bekel yang dirahasiakan.

Published by syaavinila

https://www.kuismilioner.com/

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started